oleh

Sat Pol PP Taliabu Bakal Lakukan Razia Terhadap Anak Sekolah

Kepala Sat Pol PP Pulau Taliabu Haruna Masuku (foto/ist/Yanto)

BOBONG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Provinsi Maluku Utara (Malut) bakal melakukan razia terhadap siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berkeliaran pada saat jam belajar, khususnya di Ibu Kota Bobong.

Hal itu mengacu pada Praturan Daerah (Perda), dimana Polisi Pamong Praja memiliki wewenang untuk menertibkan siswa – siswi di Pulau Taliabu yang berkeliaran selama jam belajar.

Tak hanya itu, Polisi penegak perda tersebut juga ditugaskan untuk mendatangi Sekolah untuk mengamankan proes belajar mengajar sebagai bentuk kepedulian Pemda Pulau Taliabu.

Bahkan, setiap pelajar yang melintasi jalan raya juga dikawal hingga masuk kelas untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan antar siswa di sekolah.

“Kami bangun komunikasi sama pihak Sekolah untuk membantu siswa-siswi agar tertib pada saat jam belajar. Jadi, ketika ada siswa yang berkeliaran saat jam belajar, kami akan tangkap untuk dibina,”ungkap Kasat Pol PP Pulau Taliabu, Haruna Masuku.

Haruna menambahkan, kedisiplinan siswa tersebut diberlakukan bagi Siswa-siswi TK/PAUD, SD, dan SMP. Bahkan kata dia, hal serupa juga dilakukan di lembaga pendidikan yang merupakan tanggung jawab Provinsi seperti SMA/SMK.

“Setelah ke UPTD pendidikan, kami juga telah komunikasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten untuk melakukan kerjasama. Jadi setiap pagi ada anggota Satpol yang ditugaskan di depan Sekolah. Tugasnya menertibkan siswa masuk ke halaman Sekolah, jangan sampai adanya kecelakaan atau kejahatan antar pelajar,” imbuhnya.

Haruna berharap agar kerjasama tersebut bisa berdampak positif terhadap proses belajar mengajar di tingkat Sekolah, sekaligus meminimalisir potensi tindak kekerasan antar siswa.(AS).

Komentar