oleh

Sempat Ditahan, Akhirnya DIPA Pultab Diserahkan

Lintasmalut.Net
Penyerahan DIPA oleh Gubernur Maluku Utara kepada Bupati Pulau Taliabu

SOFIFI, Lintasmalut.net – Setelah Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) empat Kabupaten yakni ; Halmahera Utara, Halmahera Timur, Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu ditahan Gubernur Maluku Utara Hi. Abdul Gani Kasuba (AGK) dengan alasan karena bupati dan wakil bupatinya tidak hadir dan hanya mewakilkan asisten.

Akhirnya, DIPA Kabupaten Pulau Taliabu diserahkan oleh Hi. Abdul Gani Kasuba (AGK) kepada Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus diruang kerja Gubernur Malut, jumat (21/12/18) .

Ketidakhadiran Bupati pada acara penyerahan DIPA tahun 2019, disebabkan, Bupati masih mengikuti kegiatan di salah satu Departemen.

”Saat penyerahan, pemkab Pulau Taliabu masih menghadiri acara di salah satu kementerian, hingga keberangkatan ke Ternate tertunda dan tidak sempat mengikuti penyerahan DIPA bersama daerah lain di Maluku Utara,”kata Bupati kepada media ini.

Dirinya mengaku, dokumen DIPA yang berisikan tentang Dana Desa, DID, DBH, DAU, DAK Fisik, dan DAK non fisik.

Dimana, dengan diserahkan DIPA ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN tahun 2019 yang telah disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Pemerintah pada akhir Oktober 2018.

“DIPA tersebut sebagai dasar untuk mensingkronkan pelaksanaan anggaran baik yang didanai dari APBN maupun dari APBD, pastikan agar pelaksanaan kegiatan dapat dimulai sejak awal tahun anggaran agar dapat memberikan capaian hasil yang lebih berkualitas,”katanya.

Sedangkan, untuk pengunaan Dana Desa dirinya terus akan melakukan pembinaan, pengawasan secara berkesinambungan agar profesional pengelolaan dana desa manfaatnya benar-benar tepat sasaran.

“Dana Desa harus berguna bagi kesejahteraan masyarakat sehingga terhindar dari penyalahgunaan yang berakibat hokum,”tandasnya. (rdx)

Komentar