oleh

STAI Babussalam Sula Wisudakan 109 Mahasiswa

Suasan Pada Saat Acara Wisuda STAI Babussalam Sula Berlangsung (Foto:Mr.f/lintasmalut.co.id)

SULA – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Babussalam Sula wisudakan 109 mahasiswa Sarjana Angkatan V tahun 2019, wisuda digelar di halaman kampus setempat di Desa Pohea, Kabupaten Kepulauan Sula, Senin (29/4/2019).

Dari 109 yang diwisudakan yakni Jurusan Syari’ah sebanyak 67 orang, Jurusan Tarbiyah 43 orang. Sementara 14 orang yang mendapat Cumlaude terdiri dari Syari’ah 8 orang dan Tarbiyah 6 orang mendapatkan beasiswa dan akan melanjutkankan studi S2.

“Dari 14 orang itu akan di seleksi siapa yang akan melanjutkan S2 karena biasanya pada tahun sebelumnya itu ada 8 orang yang di lanjutkan studi S2 dan anggaran yang disiapkan Gubernur Abdul Gani Kasuba sekira Rp. 100 miliyar untuk semua perguruan tinggi di Malut termasuk STAI Babussalam Sula,”kata Ketua STAI Babussalam Abd Rahman Kharie kepada awak media.

Abd Rahman Kharie juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang diwisudakan hari ini dan berharap agar ilmu yang diperoleh para alumni dapat bermanfaat, baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat.

“Kepada para alumni yang akan diwisudakan pada hari ini, atas nama pimpinan civitas akademik STAI Babussalam Sula Maluku Utara kami ucapkan selamat dan sukses,”ucapnya.

Abd Rahman Kharie menjelaskan, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) (Babussalam Sula/red) saat ini sedang menyelenggarakan 2 jurusan dengan 4 Program Studi (Prodi) yakni Jurusan Syari’ah dengan Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syahsyyah) dan Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah), kemudian Jurusam Tarbiyah dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Program Studi tersebut sudah terakreditasi dari BAN-PT, dan ditingkat institut, lada tahun 2018 yang lalu STAI Babussalam Sula Maluku Utara juga sudah memperoleh akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT,”jelasnya.

“Untuk jumlah mahasiswa yang tersedia pada keempat Prodi tersebut sampai dengan tahun akademik 2018/2019 sebanyak 1.183 orang. Sementara jumlah keseluruhan alumni STAI Babussalam Sula dalam 5 tahun terakhir sebanyak 579 orang dan alumni yang wisuda pada hari ini sebanyak 109 orang,”tambahnya.

Abd Rahma Kharie berkomitmen dalam kondisi ini dirinya terus bertekad untuk membangun pendidikan, namun perlu pemerintah ketahui bahwa satu-satunya perguruan tinggi di Kepsul hanya ada disini. Olehnya itu, dirinya berharap kepada Bupati Hendrata Thes tidak mengabaikan STAI Babussalam ini.

“Harapan ini semata mata bukan bahwa kami sebagai kaum peminta yang hanya menadatangan, namun lahir dari kesadaran bahwa apa yang kami lakukan di kampus ini adalah perpanjangan tangan dari visi pemerintah daerah dalam mencerdaskan masa depan anak-anak kita untuk menyelamatkan generasi di masa yang akan datang di negeri ini, karena mereka adalah tanggung jawab bersama. Maka dari itu, marilah kita bekerja sama sesuai dengan waktu dan kesempatan yang di amanahkan Allah kepada kita,”Harapnya.

Turut hadir pada acara wisuda tersebut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes, Pimpinan Forkopimda Kepulauan Sula, Wakil I Kopertasi Wilayah VIII Makassar, Prof. Dr. H. Sabaruddin Garancang, Sekertaris I Kopertasi Wilayah VIII Makassar Drs. H. Moh. Harjum, Ketua Yayasan Babussalam Sanana dan Jajaran Pengurus, Pimpinan dan staf STAI, serta para wali dan wisudawan/i. (Mr.f)

Komentar