oleh

STQ XXV di Loloda Resmi di Tutup, Juara I Tilawah, Bupati Beri Bonus Umroh

Bupati Halbar Danny Missi saat menutup STQ Ke-XXV yang dilaksanakan di Loloda (foto/ist/Bur)

JAILOLO – Seleksi Tilawatil Qur’an Ke XXV tingkat kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara (Malut) yang dilaksanakan di Kecamatan Loloda pada 6 April hingga 08 Maret 2019 secara Resmi di Tutup oleh Bupati Halmahera Barat Jumat (8/3/2019).

Sambutan Ketua LPTQ Kabupaten Halmahera Bapak Drs. M. Syahril Abdul Radjak, M.Si yang juga menjabat sebagai Sedta, bahwa pelaksanaan STQ kali ini melalui program LPTQ Kabupaten Halbar untuk peserta tidak dibenarkan mengambil peserta Dari Luar Halmahera Barat, hal ini dimaksudkan agar Generasi mudah Halbar dapat bersaing dengan Daerah lain serta memberikan peluang bagi anak-anak Halbar agar lebih giat belajar, membaca serta mendalami isi dari kandungan Al-Qur’an,” Jelas M. Syahril pada sambutanya.

Dia menuturkan pada 2018 lalu LPTQ telah mengirim dua orang peserta mengikuti pelatihan belajar di LEMKA (Lembaga Pengembangan Kaligrafi) tingkat Nasional dengan harapan sekembalinya mereka dari LEMKA dapat membimbing anak-anak Halbar tentang Baca Tulis Al-Qur’an sehingga dapat Halbar bisa bersaing di tingkat Nasional,” Tutur M.Syahril

Bupati Halmahera Barat Danny Missi, mengapresiasi pelaksanaan Kegiatan STQ Ke-XXV tingkat Kabupaten Halbar yang dilaksanakan di Kecamatan Loloda, lewat kegiatan seperti ini, selaku Bupati Halbar berharap agar Umat Islam dapat menghayati dan mengamalkan isi dan kandungan Al-Qur’an dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari serta menjaga kerukunan antar sesama,” Ujar Bupati pada sambutan penutupan STQ Ke-XXV di Loloda.

Lanjut Bupati, ketika Sebelumnya ketua LPTQ Halmahera Barat telah mengirim dua Peserta mengikuti pelatihan di LEMKA, pada Tahun ini Bupati menambahkan menjadi 10 Orang Putra, Putri untuk mengikuti Pelatihan Tilawah Al-Qur’an di Jakarta,” Ungkapnya.

Sementara bagi peserta yang meraih juara satu Tilawah Putra dan Putri Pada STQ ke XXV ini, Bupati memberikan Bonus Untuk Umrah ke Tanah Suci pada Tahun ini.

Acara penutupan yang dilaksanakan di Areal Pelabuhan Loloda Desa Soasio itu berjalan khidmat walau di guyur hujan lebat, namun para tamu, undangan tetap mengikuti acara tersebut hingga selesai.

Sekedar diketahui bahwa julah peserta lomba Sebanyak 67 peserta dari 8 Kecamatan se Halbar telah mengikuti STQ ke 25 tahun 2019. dari Jumlah peserta yg mengikuti lomba tersebut, melalui keputusan Dewan Hakim berjumlah 9 orang telah melaksnakan pleno dan menetapkan peserta yang keluar sebagai juara pada mata lomba.

Pada lomba tersebut meraih juara umum dalam pelaksanaan STQ ini yakni Kecamatan Jailolo dan masing-masing peserta keluar sebagai juara mendapat piagam dan serifikat Serta uang pembinaan dari Panitia pelaksana.

Diketahui pula hadir dalam acara penutupan tersebut Bupati Halmahera Barat, Danny Missi, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Assisten, Pimpinan SKPD, para Camat, Danramil Loloda, Kapolsek Loloda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta warga Masyarakat Soasio, Kedi dan Tase.(Bur)

Komentar