oleh

Tahun Ini Distan Taliabu Dapat Sokongan DAK 3 Miliar

Kepala Dinas pertanian dan Perkebunan Taliabu Ma,ruf (Foto/Yanto/lintasmalut.co.id)

BOBONG – Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Provinsi Maluku Utara Tahun ini, mendapat sokongan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 3 Miliar untuk pengembangan dan peningkatan hasil pertanian masyarakat Taliabu.

Kepala Dinas Pertanian Dan Perkebunan Ma’ruf mengatakan Tahun ini Dinas pertanian dapat DAK senilai Rp 3 miliar yang difokuskan pada pemberdayaan sekaligus peningkatan dibidang pertanian,” Ungkap Ma’ruf Kamis (23/5/2019) di halaman Kantor Bupati Taliabu.

Sasarannya itu kata Ma’ruf, fokus pada wilayah yang memiliki sumber Air yang banyak , yakni tanah Sumur dalam, dan tanah sumur dangkal. itu untuk petani. Kalau Fisik hanya balai Penyuluh Pertanian di Desa Tolong Kecamatan Lede.

Menurutnya dalam pengembangan sektor pertanian, pihaknya telah menggarap salah satu lahan yang berada di desa Tolong Kecamatan Lede, pengadaan dan pembersihan lahan itu adalah hasil kerjasama antara pemkab taliabu dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan bersama pihak Tambang PT Adidaya tangguh melalui program CSR.

“Pembersihan lahan sebesar 2 hektar itu kerjasama pemda dengan tambang, selain itu ada program balai penyuluh akan dibangun di Desa Tolong, kemudian selain sumber – sumber air, juga ada bibit – bibit sayuran. Sementara bibit lainya yang tidak sediakan oleh pemda berupa bawang dan lain – lain itu nanti akan dipenuhi oleh perusahan,” Jelas Ma’ruf.

Dikatakanya, garapan lahan yang di lakukan tersebut, adalah lahan garapan untuk sektor pertanian tanaman bulanan, yang gampang di produksi oleh masyarakat, tentunya akan berdampak ekonomi, hingga itu pihaknya berharap agar lahan yang nanti di garap, dapat di manfaatkan dengan secara baik. (As)

Komentar