oleh

Tak Ada Tanggul Penahan Air, Sungai Fangahu Ancam Rumah Warga

TALIABU -, Akibat tak ada tanggul penahan air, sungai Fangahu nampaknya menjadi ancaman bagi warga yang bermukim diseputaran sungai tersebut.

Bagaimana tidak, amatan media ini di lokasi Selasa (28/9/2021), banjir di sungai fangahu cukup deras, ditambah lagi debit air yang cukup tinggi. Akibatnya, sebagian halaman rumah warga yang tinggal disekitar bantaran sungai mulai longsor akibat hantaman luapan sungai, peristiwa itu bukan baru terjadi melainkan sudah berulangkali.

Kondisi ini membuat warga panik dan was-was dalam menghadapi bencana alam yang tak tahu pasti kapan datangnya. Ditambah lagi saat ini kondisi alam sangat tidak baik, gegara semalam dan siang tadi Desa Bobong diguyur hujan lebat.

Salah satu warga setempat enggan namanya disebutkan meminta agar Pemerintah Daerah melalui dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pulau Taliabu agar segera membangun tanggul guna mengantisipasi hal-hal buruk yang bisa mengancam keselamatan warga setempat.

“Semoga saja di tahun ini pemerintah daerah sudah anggarkan untuk buat tanggul di sungai fangahu ini, mengingat sungai ini juga menjadi ancaman untuk kami warga yang bermukim di sini,” harapnya.

Ia juga menyebut di tahun-tahun sebelumnya sebagian Dusun Fangahu terendam, salah satu pemicunya akibat dari luapan sungai tersebut. Meski tak ada korban jiwa namun hal itu harus menjadi prioritas Pemerintah Daerah demi keselamatan warga yang bermukim di wilayah setempat.

“Dulu sungai ini pernah meluap akibat hujan deras dan membuat sebagian warga yang tinggal disekitar sungai itu harus mengungsi,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Taliabu Suprayidno mengatakan pihaknya telah menjadikan bantaran sungai Fangahu sebagai salah satu fokus pembangunan. Ia juga memastikan segera membangun tanggul sungai fangahu tahun depan, sebab PUPR telah menargetkan penataan wajah Kota Bobong menjadi fokus pembangunan di 2022.

“Desember lelang, tanggul fangahu masuk anggaran tahun depan sebab di tahun depan itu kita fokus pembangunan dalam kota semua,” katanya. (hara)

Komentar