oleh

Terlalu, Putra Fagogoru Kerja di PT IWIP Dipecat Orang Cina

Suasana mediasi yang dilakukan oleh Kepala Security PT IWIP bersama tiga orang tenaga kerja lokal (foto/ist/Wan)

WEDA – Seorang tenaga kerja asal Halmahera Tengah di PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) Maluku Utara di pecat oleh Warga Negara Asing (WNA).

Pekerja Cina tersebut diketahui telah memecat salah satu putra Fagogoru, Fadli Samir dengan alasan telah melakukan pengancaman terhadap salah satu tenaga kerja asal Cina.

“Saya dipecat dengan alasan telah mengancam pengawas saya yang orang Cina. Awalnya ini hanya salah paham saja, cuma Juru Bicara (Jubir) orang Cina itu jelaskan kepada mereka lain. Jadi itu tidak seperti yang mereka pikirkan,” ungkap Fadli, Rabu (6/3/2019).

Anehnya, surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) itu tidak dilampirkan dengan cap ataupun stempel dan tidak diketahui oleh Dinas terkait. Namun menurut Kepala Security PT IWIP surat tersebut adalah sah.

Tak hanya Fadli, beberapa temannya yang bernama Yames tuwnger dan Sadli Rajab, juga dipecat secara tidak terhormat oleh Human Resource Development (HRD) Cina.

HRD asal Cinta itu memaksa para pekerja lokal tersebut untuk mendatangani surat PHK dengan tulisan Cina yang tak mungkin dimengerti oleh mereka.

“Ini hanya persoalan sedikit dilapangan yang tidak disengaja. Kemudian HRD Cina panggilan kami dua dan memaksa untuk tandatangani surat yang kami tidak paham dan mengerti dengan cara marah-marah,” Kata Yames sembari menjatuhkan air mata.

Meski begitu, Kepala Security PT IWIP, Aditya mengatakan, apa yang dilakukan HRD Cina terhadap Fadli dan teman-temannya merupakan suatu kesalahan.

Katanya, segala bentuk permasalahan di internal perusahaan tak perlu dilakukan pemecatan sepihak. Semua memiliki aturan, sebagaimana dimaksud dalam UU ketenagakerjaan.

“Jangan main pecat aja, semua ada aturan. Kan ada SP1, SP2, bukan langsung main PHK (pecat) aja. Ini tidak baik. Bisa-bisa habis semua karyawan di perusahaan ini karena dikit-dikit main pecat aja tanpa mengikuti prosedur,” ungkap Kepala Scurity PT IWIP, Aditiya

Berikut nama WNA yang memecat Fadli Samir dan dua orang sahabatnya. Mereka adalah Siyau (Cina), Leo (Cina) dan Mr Wang (Cina). (WAN).

Komentar