oleh

Tersangka Kasus Penipuan di Sula Terancam 4 Tahun Penjara

-HUKRIM-61 views
Kapolres Kepsul AKBP Tri Yulianto Saat Konferensi Pers Bersama SB Tersangka Kasus Penipuan dan Barang Bukti (Foto:M.rf/lintasmalut.co.id)

SANANA – Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) berhasil mengamankan satu  pelaku penipuan inisial SB (32) warga Desa Waiipa dengan modus mengaku Kepala Dinas PU Kepsul dan menjanjikan proyek.

Dari tangan pelaku, Polres Kepsul berhasil mengamankan barang bukti satu buah Hp merek samsung J4 warna hitam, satu buah buku rekening BRI, satu buah ATM BRI dan bukti transfer.

Kapolres Kepsul AKBP Tri Yulianto menjelaskan, pada hari selasa tanggal 14 mei pukul 17.00 WIT, di Desa Fatcei, Kecamatan Sanana, pelaku menelpon inisial NB (korban), pelaku mengaku dirinya sebagai Kadis PU Kepsul. Setelah itu, pelaku menjanjikan pekerjaan proyek pengadaan kursi kepada korban, namun sebelumnya pelaku meminta dikirimkan uang terlebih dahulu sebesar Rp 3 juta dan nantinya akan diganti setelah pulang dari Desa Pohea.

“Dengan tidak merasa curiga, korban meminta kirimkan nomor rekening. Setelah itu, korban kirimkan uang kepada pelaku, namun setelah merasa dikirim dan untuk menghilangkan jejak, korban menonaktifkan Hp. Sehingga itu, korban merasa dirugikan dan melaporkan ke Polres Kepsul,”jelas Kapolres saat press rilis, Selasa (28/5/2019) pukul 14.43 WIT.

Lanjut Kapolres, pada 16 mei 2019 setelah laporan dilidik, Tim Reskrim Polres berhasil menangkap tersangka.

“Untuk tersangka kita jerat pasal 378 KUHP dengan ancaman pidana 4 tahun penjara dan insya allah pada hari ini (28/5) berkas akan kita serahkan kepada kejaksaan untuk tahap satu,”ujarnya. (M.rf)

Komentar