oleh

Tes CPNS dan PPPK Non Guru untuk Formasi Taliabu kembali Diundur

BOBONG, LM – Menjelang tes SKD Para peserta calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pulau Taliabu sempat keluhkan kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Aparatur (BKPSDMA).

Hal ini terjadi lantaran ada pembagian tugas dan wewenang antara Pemerintah Daerah ( BKPSDMA, red ) maupun Kemendikbudristek yang dipelopori oleh Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara untuk tingkat Kabupaten yang menyebabkan keterbatasan tugas Pemerintah Daerah, seperti lokasi tes SKD dan juga keterangan lainnya menyangkut kebutuhan tes SKD.

Kepala BKPSDMA Kabupaten Pulau Taliabu, Surati Kene mengatakan, pelaksanaan tes PPPK guru saat ini ditangani oleh pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Jadi mulai dari pelaksanaan seleksi kemudian menyiapkan gaji pokok bagi peserta PPPK yang dinyatakan lulus itu adalah kewenangan Kementerian. Untuk itu, terkait pelaksanaan sekarang itu bisa dilihat pada akun pendaftar masing-masing,” katanya kepada wartawan.

Tugas Pemerintah Daerah, Lanjut Yati, BKPSDMA akan mengumumkan formasi tes dan hasil tes, serta pengusulan nomor induk pegawai ( NIP) ke Badan Kepegawaian Nasional ( BKN ) dengan tujuan untuk melaksanakan prajabatan bahkan menyiapkan tunjangan dan penempatan tugas.

Dikatakan Yati, bahawa bukan pada tempatnya jika terkait informasi pelaksanaan Tes SKD saat ini para peserta yang membutuhkan informasi tes mengeluhkan dan menyalahkan Pemerintah Daerah, sebab sudah ada pembagian wilayah kerja Kemendikbudristek yang membawahi Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara.

“Jadi tidak semua pelaksanaan Tes PPPK Guru ini menjadi tugas dan tanggungjawab kami, sebab itu ada wilayah kerja kementerian maka informasinya ya tentu harus dengan Kementrian. kan bisa lihat informasinya ke akun masing-masing pelamar”, jelasnya.

Hal tersebut lanjutnya, juga berlaku bagi PPPK non guru. dimana, PPPK non guru adalah penempatan untuk jabatan fungsional, seperti untuk tenaga kesehatan, pertanian dan perikanan.

“Itukan juga fungsional dan jabatan fungsional yang akan ditempatkan di OPD tertentu itu nanti akan di PPPK kan”, bebernya.

Dijelaskan, BKN Kanreg II Manado memiliki wilayah kerja di 3 Provinsi termasuk Maluku Utara. untuk itu, terkait jadwal tes yang telah diinformasikan untuk kabupaten Pulau Taliabu akan dilaksanakan pada Oktober bulan depan, itu akan disesuaikan dengan jadwal yang nantinya diumumkan per kabupaten kota.

“Jadwal tes untuk kabupaten Pulau Taliabu nanti di informasikan BKN Kanreg Manado, jadi tinggal Torang menunggu Torang punya jadwal kapan yang dikasih oleh BKN, untuk Taliabu kemarin informasinya Oktober,” ucapnya.

Surati memaparkan, terkait keluhan para peserta tes harus dimaklumi, karena pembagian tugasnya sudah seperti itu.

“Memang sudah begitu, diambil alih oleh Kementerian Pendidikan dan dipelopori oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Maka, gedung yang dipakai untuk tes SKD saat ini adalah gedung SMA/SMK. untuk itu, tidak bisa salahkan atau pun kecewakan BKPSDMA Kabupaten sebab yang dilakukan sudah sesuai tupoksi”, pungkasnya.

Diketahui, untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi peserta Tes CPNS dan PPPK Non Guru untuk formasi Taliabu kembali diundur. pelaksanaannya kembali dijadwalkan 16-20 Oktober 2021, bertempat di SMPN 1 Bobong, Kecamatan Taliabu Barat. ( Hara )

Komentar