oleh

Tim SAR Berhasil Evakuasi Tiga Korban di Perairan Tobelo

TOBELO – Tim search and rescue (SAR) gabungan Basarnas Ternate berhasil evakuasi tiga korban yang terapung bersama satu longboat di perairan Tobelo – Morotai dengan selamat.

Ketiga korban tersebut diantaranya, Imanuel Meti (56) warga Desa Gosoma kemudian Yanto Arihati (47) dan Epi (38) warga Desa Sadada.

Kepala Basarnas Ternate M. Arafah mengatakan, pihaknya menerima informasi dari Mei salah satu istri korban sekitar pukul 03.00 WIT, bahwa longboat milik suaminya mati mesin saat dalam perjalanan dari Tobelo menuju Morotai.

“Minggu (22/12) pukul 03.00 WIT, korban bersama 2 orang temannya berangkat dari Tobelo menuju Morotai. Setelah 1 jam perjalanan, korban menghubungi istrinya dan memberitahukan bahwa longboatnya mengalami mati mesin,” katanya dalam rilis yang di bagikan Humas Basarnas, Iksan M. Nur.

Ketiga korban (tengah) yang di evakuasi dengan selamat

Setalah menerima informasi tersebut. Kata Arafah, pukul 06.20 WIT, tim Rescue Pos SAR Tobelo bergerak menuju Lokasi Kejadian Perkara (LKP) menggunakan satu unit RIB 03 Tobelo dengan jarak rute RIB – LKP : 12.4 Nm Radian : 38°.

“Pada pukul 07.40 WIT, terima informasi dari OSC bahwa korban ditemukan oleh nelayan dan ditarik menuju Desa Kumo, selanjutnya tim SAR menuju Desa Kumo untuk mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut,” ujarnya.

Sekitar pukul 07.50 WIT. Lanjut Arafah, tim SAR gabungan tiba di Desa Kumo dan mengklarifikasi bahwa 3 orang korban telah ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah berada dikediaman keluarga korban.

Arafah menambahkan, selanjutnya tim SAR kembali menuju pelabuhan Tobelo. Pukul 08.25 WIT, tim SAR sampai di Pelabuhan dan melaksanakan debrifing dengan hasil 3 orang korban ditemukan dalam keadaan selamat.

“Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur yakni Pos SAR Tobelo 4 orang dan Polairud Tobelo 2 orang dikembalikan ke ke satuan masing-masing dengan ucapan terima kasih,” ungkapnya. (Alan)

Komentar