oleh

Tim SAR Berhasil Temukan Seorang Kakek yang Dilaporkan Hilang

MOROTAI – Basarnas Ternate melalui Unit Siaga SAR Morotai berhasil temukan seorang Kakek bernama Hamani Pepeua, nelayan asal Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan yang dikabarkan hilang saat melaut.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, pihaknya menerima laporan dari Sadek (Keluarga korban) pada Minggu (28/3) dini hari bahwa Kakek Hamani Pepeua belum kembali saat melaut.

“Pada Sabtu (27/3) sekira pukul 08.00 WIT, korban berangkat memancing menggunakan perahu dari Desa Juanga ke Pulau Metita dan sampai dengan Minggu (28/3) pukul 03.00 WIT, korban belum juga kembali. Sehingga pihak keluarga melapor ke pihak Basarnas untuk melakukan pencarian,” katanya sembari menceritakan kronologisnya.

Setelah mendapat laporan kemudian diteruskan kepada petugas piket komunikasi Basarnas Ternate untuk ditindak lanjuti. “Pukul 05.20 WIT, diberangkatkan 1 Tim Rescue Unit Siaga Sar Morotai menuju ke Lokasi Kejadian Perkara (LKP) menggunakan Rubber Boat untuk melakukan operasi pencarian,” ujarnya.

Arafah menyebut, setelah beberapa saat melakukan pencarian, sekira pukul 05.40 WIT, tim SAR gabungan berhasil menemukan korban pada koordinat kurang lebih 5 Nm arah Barat Daya dari LKP dalam keadaan selamat.

“Selanjutnya, pukul 07.28 WIT, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban di Desa Juanga Morotai Selatan dan korban diserahkan ke pihak keluarga untuk penanganan lebih lanjut,” ungkapnya.

Dengan telah ditemukannya korban, maka operasi SAR selesai dan ditutup. Selanjutnya seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing.

“Unsur yang terlibat dalam operasi pencarian diantaranya, Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai, Polair Morotai dan keluarga korban,” pungkasnya. (Red)

Komentar