oleh

Tim SAR Berhasil Temukan Suami Istri Hilang di Kebun

TERNATE – Tim search and rescue (SAR) gabungan Basarnas Ternate berhasil menemukan Pasangan Suami Istri (Pasturi) Aris Adipati (72) dan Nonco Kalange (66) warga Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan yang dikabarkan hilang di kebun, Minggu (26/1/2020). 

Kepala Basarnas Ternate M. Arafah mengatakan, operasi SAR hari ketiga pada Kamis (30/1/2020) dini hari terhadap kondisi membahayakan dua orang yang belum kembali dari kebun. Pukul 07.30 WIT, tim SAR melaksanakn breafing dan kembali melanjutkan operasi.

“Pencarian terhadap dua orang yang belum kembali dari kebun di Kelurahan Tabona, Kecamatan Ternate Selatan dengan area pencarian adalah sekitar lokasi penemuan barang milik korban dan di sepanjang kali lingkungan Tongole,” katanya.

Arafah menyebut, tim SAR dibagi menjadi 2 SRU. SRU 1 melaksanakan penyisiran dengan radius 2 KM arah selatan dari lokasi penemuan barang milik korban, selanjutnya SRU 2 melaksanakan penyisiran dengan radius 2 KM selatan dari lokasi penemuan barang milik korban dan di sepanjang kali di lingkungan Tongole, Kelurahan Marikurubu, Kecamatan Ternate Tengah sampai ke perkampungan.

“Pukul 13.10 WIT, Tim SAR berhasil menemukan korban pada koordinat yang telah ditentukan yakni 0,28 KM dari lokasi penemuan barang milik korban dalam keadaan selamat dengan kondisi korban yang lemas. Selanjutnya, korban di evakuasi ke RSUD Chasan Boesorie Ternate untuk penanganan medis lebih lanjut,” ungkapnya.

Dengan ditemukannya kedua orang korban dalam keadaan selamat. Lanjut Arafah, maka operasi SAR ditutup dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing dengan ucapan terima kasih.

Unsur yang terlibat dalam operasi SAR gabungan diantaranya, tim Rescue Kansar Ternate 5 orang, BPBD Kota Ternate 10 orang, Polres Ternate 1 orang, Babinsa 1 orang, PMI Kota Ternate 12 orang, Gabungan Mapala Ternate 7 orang dan masyarakat Tobona 10 orang.

Sebelumnya, informasi yang beredar bahwa kedua korban telah berada di kampung halamannya di Manado, Sulawesi Utara. Namun, setelah di kroscek informasi tersebut tidak benar, kabar tersebut juga telah beredar luas hingga ke facebook. (Alan)

Komentar