oleh

Tim SAR Cari 5 Nelayan Tenggelam di Perairan Pulau Obi

HALSEL, – Tim SAR gabungan Basarnas Ternate lakukan operasi pencarian terhadap 5 nelayan yang dikabarkan tenggelam di perairan Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan.

Kelima korban tersebut diantaranya, Eli Ilyas (30), Faldi (18), Diko (18) Kadli (25) dan Maswin (21).

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, pihaknya menerima laporan dari Amirudin (keluarga korban) bahwa telah terjadi kejadian laka laut, Longboat POB 5 orang tenggelam di perairan Pulau Gala dan Pulau Toboli. Jarak dari unit siaga SAR Bacan 66.54 NM/127.97°.

Arafah menyebut, pada Sabtu (10/4) sekira pukul 14.00 WIT, Longboat Bisa 3 dengan POB 5 orang berangkat melaut mencari ikan di sekitar perairan Pulau Gala dan Pulau Tobalai. Dalam perjalanan pulang kembali ke Pulau Gala pada pukul 14.40 WIT, Longboat tersebut diterjang cuaca buruk hingga mengakibatkan Longboat mereka tenggelam.

“Kejadian itu sempat disaksikan oleh 1 orang nelayan yang berada tidak jauh dari LKP, dan nelayan tersebut memilih kembali ke Pulau Gala untuk melapor kepada pihak keluarga, karena perahu yang digunakan oleh saksi terlalu kecil untuk melakukan pertolongan dalam keadaan cuaca yang buruk di sekitar LKP,” jelasnya sembari menceritakan kronolgisnya.

“Pukul 16.00 WIT, pihak keluarga dan masyarakat Pulau Gala bergerak menuju ke LKP dengan menggunakan 2 unit Longboat untuk melaksanakan pencarian, namun sampai saat ini ke 5 orang korban belum juga ditemukan. Selanjutnya mereka melaporkan ke Basarnas,” sambungnya.

Usai menerima laporan. Kata Arafah, Minggu (11/4) pukul 07.14 WIT dini hari, tim rescue unit siaga SAR Bacan diberangkatkan menuju LKP menggunakan speedboat masyarakat Bacan dengan estimasi waktu tiba pukul 10.33 WIT.

“Sementara pukul 09.00 WIT, Basarnas Ternate akan menggerakkan KN SAR 237 Pandudewanata menuju LKP untuk melakukan operasi pencarian, jarak 147 Nm, Radian 154°, kecepatan 19 Kts dan waktu tempuh 7 jam 44 menit,” ujarnya.

“Unsur yang terlibat dalam operasi pencarian, tim rescue unit siaga SAR Bacan, Pos AL Bacan, masyarakat Pulau Gala dan Pulau Tobalai,” katanya.

Hingga berita ini di publish, operasi pencarian terhadap 5 nelayan yang dikabarkan tenggelam di pencarian Obi belum membuahkan hasil. (Red)

Komentar