oleh

Tim SAR Evakuasi Dua Bocah di Perairan Bibinoi Halsel

HALSEL – Tim SAR gabungan Basarnas Ternate berhasil evakuasi 5 orang korban penumpang Longboat di perairan Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Kamis (14/5/2020).

Kelima korban itu dua diantaranya masih bocah yakni, Rangga 3 tahun dan Alfian 10 tahun serta tiga korban lainnya, Sakila Wisnu (22), Asri Sudirman (21) dan Iqra Bojo (21).

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, sebuah Longboat (katinting) dengan membawa 5 orang mengalami mati mesin di perairan Desa Bibinoi saat dalam perjalanan menuju Papaceda.

“Sekira pukul 07.00 WIT, perahu katinting dengan POB 5 orang keluar dari Babang menuju ke Papaceda. Namun, pukul 14.00 WIT, mengalami mati mesin di depan Desa Bibinoi,” katanya dalam rilis yang dibagikan Humas Basarnas. Iksan M. Nur.

Arafah menyebut, pihahkya melalui pos SAR unit siaga SAR Bacan menerima laporan dari Mario, Bintara Pembinan Desa (Babinsa) pada pukul 18.00 WIT, langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan operasi pencarian.

“Selanjutnya diberangkatkan satu tim rescue unit siaga SAR bacan bersama anggota Polairud menggunakan speedboat pos Polairud Babang pada pukul 18.20 WIT,” ungkapnya.

Pukul 19.18 WIT. Kata Arafah, tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam kondisi selamat pada 0,41 NM arah Barat Daya dari Lokasi Kejadian Perkara (LKP). Korban kemudian di evakuasi bersama longboat ditarik ke pelabuhan Babang.

“Pukul 19.52 WIT, seluruh korban berhasil di evakuasi dalam keadaan selamat di pelabuhan Babang Bacan, selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga,” ujarnya.

Arafah menambahkan, dengan di evakuasinya seluruh korban, maka operasi SAR selesai dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing.

“Unsur yang terlibat dalam operasi SAR diantaranya, tim Rescue unit siaga SAR Bacan, Polairud Babang, KPLP Babang dan keluarga korban,” pungkasnya. (Alan)

Komentar