oleh

Tim SAR Temukan Seorang Pendaki Gunung Dukono Tobelo

TOBELO – Tim SAR gabungan Basarnas berhasil temukan Haikal A Muloko (17) warga Desa Gosoma, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang dikabarkan hilang di hutan dengan selamat.

Pos SAR Tobelo menerima informasi dari Fadli teman korban Senin (13/4/20) bahwa korban hilang di hutan gunung Dukuno. Sejak Sabtu (11/4/2020), ada 16 orang warga Desa Gosoma naik ke puncak gunung Dukono dan Minggu (12/4/20) sekitar pukul 10 30 WIT, mereka turun dari puncak gunung Dukono menuju ke puncak gunung Karianga, di tengah perjalanan ke puncak Karianga sekitar pukul 12.21 WIT, mereka sadar Haikal telah terpisah dari rombongan.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengatakan, setelah menerima informasi kemudian pihaknya berkoordinasi dengan Polres, Sat Brimob Tobelo dan keluarga korban.

“Selanjutnya pukul 06.40 WIT satu team rescue Basarnas Pos Sar Tobelo di kerahkan untuk melakukan operasi pencarian,” katanya.

Arafah menyebut, pencarian dilakukan tim SAR gabungan pukul 06.50 WIT dengan menggunakan peralatan SAR, satu set peralatan mountenering, Handy talki dan peralatan lainnya, penyisiran kemudian dimulai dari Desa Ruko menuju Lokasi Kejadian Perkara (LKP), pencarian yang dilakukan selama 2 jam lebih akhirnya membuahkan hasil.

“Pukul 09.30 WIT, korban berhasil ditemukan tim SAR gabungan pada 8.93 Km dari LKP dalam kondisi selamat namun dalam kondisi lemas, selanjutnya korban diberi minum dan kemudian dievakuasi ke desa Ruko untuk di serahkan ke pihak keluarga,” ungkapnya.

Dengan ditemukan korban. Kata Arafah, maka operasi SAR ditutup dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

“Unsur yang terlibat diantaranya, Basarnas Pos SAR Tobelo, Satgas Kosrad Desa Mamuya, Polres Tobelo, Sat Brimob Tobelo, keluarga korban serta warga Desa Mamuya dan Desa Ruko,” pungkasnya. (Alan)

Komentar