oleh

Tonny Laos Sebut Hari Ibu Berawal Dari Kongres Perempuan 

MOROTAI – 22 Desember 2020 merupakan peringatan hari ibu di indonesia, hari ibu diperingati setiap tahun sejak 1938.

Pada tanggal 22 dipilih sebagai hari ibu di indonesia untuk mengenang momentum 22 Desember 1928 saat pertama kalinya digelar kongres perempuan indonesia.

Salah satu pengusaha muda di Morotai, Tonny Laos menceritakan gagasan peringatan hari ibu tersebut muncul saat kongres perempuan III sejak tahun 1938 dengan tujuan memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki keadaan perempuan di Indonesia.

“Jadi kongres tersebut juga menetapkan fungsi utama perempuan indonesia sebagai ibu bangsa yang berkewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi baru yang lebih menyadari dan lebih tebal rasa kebangsaannya,” katanya kepala lintasmalut.co.id, Selasa (22/12).

Putra ke 8 dari (Almarhum) Yong Anton Laos atau Ko Yong An dan Yetty Khosuma (Ci Icin) ini menyebut, hari ibu diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu dan istri maupun sebagai warga negara.

“Peringatan hari ibu dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat indonesia terutama generasi muda, akan makna hari ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa,” ujarnya.

“Untuk itu perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya. (Red)

Komentar