oleh

Tradisi ‘Sowan’ Anak-anak Desa Talapaon Pulau Makian

Najwa (9) Yang Melaksanakan Puasa Sebulan Penuh dan Memanjat ‘Sowan’nya (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

HALSEL – Tidak terasa Ramadhan 1440 H/2019 M akan berakhir beberapa hari lagi. Akhir Ramadhan ini di Desa Talapaon, Kecamatan Makian Barat, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) biasanya dintandai dengan tradisi perayaan Sowan bagi anak-anak yang belajar melaksanan puasa pertama kali selama Bulan Suci Ramadhan.

Perayaan Sowan pada Ramadhan kali ini ada dua jenis Sowan yaitu dari pohon pisang dan Sowan sambiki, hiasan dari daun lontar (woka) dibuat bundar menyerupai labu kuning yang diisi beras.

Sowan dihiasi mainan, uang, bendera ragam warna, kue kering dan kue andara, balon dan lain lain. Rangkaian Sowan juga merupakan tradisi memasuki malam Malam Lailatul Qadar (ela-ela).

Anak-anak yang telah melaksanakan puasa tampak bahagia, seperti senyum Najwa (9) yang telah melaksanakan puasa dan memajang Sowannya hari ini. Jum’at (31/0519) pukul 16.30 WIT.

Sowan juga mampu menciptakan situasi lingkungan yang menghibur bagi anak-anak yang lain ramah dan ceria. Tradisi ini diakhir dengan proses anak-anak perebutan pernak-pernik balon, kue, uang, dan lain lain.

Nilai positif perayaan ini adalah motivasi bagi Anak-anak Desa Talapaon untuk melaksanakan dan menuntaskan puasanya sebulan penuh.  (Jojo)

Komentar