oleh

Tuding Terlantarkan Kontingen U-14, Septinus Barunggu : Itu Tidak Benar

Kepala Dinas Parawisata, Pemuda, dan Olahraga Kab.Pulau Taliabu, Septinus Barunggu

BOBONG – Dinas Parawisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara  membantah tudingan miring netizen dan pemberitaan di media sosial  terkait kontingen sepak bola usia 14 tahun asal Pulau Taliabu yang  berlaga pada ajang Piala Menpora di Kota Tidore Kepulauan  mengalami  kelaparan dan tidak diperhatikan oleh Dinas Disparpora Pultab.

Kepala Disparpora Pulau Taliabu, Septinus Barunggu mengatakan ,setelah mengkonfirmasi pengurus tim U-14 via telepon . Dijelaskan, bahwa wacana di media sosial maupun pemberitaan yang beredar terkait diterlantarkan dan kelaparan yang menimpa  kontingen tim sepak bola usia berjenjang  itu tidak dapat dibenarkan.

“Setelah saya konfirmasi ternyata memang tidak sesuai dengan yang beredar di media sosial , itu cuma mis komunikasi . Setelah saya tanya ke pak Kabid, menurut pak Kabid bukan kata – kata seperti itu , beliau cuma sampaikan bahwa saya tidak tahu dengan kegiatan itu jadi sampe disitu saja.  Saya perintahkan membawa anak – anak untuk ikut kegiatan itu. Saya juga  sudah konfirmasi dengan bendahara serta  pak Kabid  tidak ada kejadian  seperti pemberitaan di media sosial,  itu tidak benar,” katanya kepada sejumlah wartawan , Senin (15/7/2019).

Septinus menambahkan, terkait anggaran kegiatan olahraga  yang tertuang dalam  DPA  Disparpora Pultab  berkisar  400 juta  untuk tiga kegiatan. Dimana, untuk tim sepak bola berjenjang U – 14 dianggarkan sebesar 100 juta.

“Di DPA itu, anggarannya 400 juta, tetapi didalamnya ada kegiatan lain yaitu kegiatan perebutan piala bupati Taliabu Mangkoyong, terus ada seleksinya, dan ada keberangkatan untuk kegiatan piala kejurda menpora U – 14. Maka, Disparpora mengucurkan anggaran  sebesar 100 juta lebih,” jelasnya.

“Saya coba konfirmasi untuk kegiatan di Tidore sesuai  yang diberitakan itu,  bahwa anak – anak kelaparan Cuma,  makan super-mie.  Itu tidak benar,  karena di Tidore kontingen Taliabu membayar penginapan.  Kalau tidak  salah,  pemilik penginapanya adalah  Ketua KPU Provinsi . Selama mereka (Kontingen)  tinggal disana,  semua di biayai oleh kami, bahkan tukang masaknya pun kami sewa.  Jadi jika ada pembicaraan atau informasi tentang adanya anak – anak kelaparan itu tidak benar,” tegasnya.

Lanjut Barunggu, tim sepak bola U-14  asal Taliabu seharusnya sudah tiba pada hari  jumat pekan kemarin di Bobong. Namun terkendala kapal rute  Ternate-Sanana-Falabisahaya- Bobong  belum beroperasi selama satu minggu kemarin mengakibatkan keberangkatan kontingen dari Ternate masih tertunda sampai saat ini.

“Yang seharusnya jumat kemarin mereka sudah ada disini (Taliabu), tetapi karena kapal tidak len , terus hari minggu juga kapal tidak len ,jadi mereka tunggu naik kapal aksar. Namun ternyata, KM . Aksar juga tara len , dan hari ini senin(15/7) direncanakan kontingen akan berangkat menggunakan KM. Permata Bunda , tetapi para kontingen tidak kebagian tiket maka sampai saat ini mereka masih berada di Ternate,”terangnya. (As)

Komentar