oleh

Wakil Bupati Morotai Resmi Buka Kegiatan Lomba Fishing

Wakil Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Hi. Asrun Padoma saat memberikan sambutan kegiatan pelepasan peserta lomba fishing (Foto:Fik/lintasmalut.co.id)

DARUBA – Wakil Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Hi. Asrun Padoma secara resmi membuka kegiatan lomba fishing Morotai yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Morotai sebagai rangkaian kegiatan Festival Morotai yang berlangsung di pelabuhan Imam Lastori Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Minggu (4/8).

Dalam sambutannya, Asrun menyampaikan, fhising Morotai merupakan salah satu dari 14 item kegiatan Festival Morotai 2019, untuk memperkenalkan potensi kelautan kepada wisatawan lokal dan mancanegara.

“Pulau Morotai selain memiliki sumberdaya kelautan yang tinggi nilainya, letaknya yang strategis menjadikan Morotai sebagai kawasan ekonomi khusus yang meliputi aspek transaksional,”ungkapnya.

Asrun juga menyebut, Pemda Pulau Morotai saat ini sedang mempersiapkan Morotai sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia yang di sebut 10 destinasi wisata bali baru, melalui potensi wisata baharinya sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi indonesia timur.

“Selain potensi bahari, sejarah yang dimiliki Morotai juga menjadi perhatian pemerintah pusat yang telah membuat Affirmative Policy berupa Go Morotai, Ayo Ke Morotai sebagai tujuan utama pariwisata wilayah Indonesia Timur,” ujarnya.

“Kami berharap lomba fishing ini adalah sebagai upaya pengembangan kearifan lokal serta mempromosikan bahari kita sehingga berdaya guna untuk masyarakat pulau morotai.” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai Suriani Antarani yang juga selaku Ketua pelaksana lomba itu menjelaskan, kegiatan fishing Morotai 2019 merupakan salah satu langkah nyata dari Visi Misi Pemda Pulau Morotai dalam pembangunan Morotai berbasis pariwisata dan perikanan yang berdaya saing, sehingga ini membutuhkan peran aktif dari semua pihak.

“Peran serta Pemerintah Daerah, masyarakat dan stakeholder dalam memberdayakan SDA khususnya disektor kelautan, untuk menciptakan industri kreatif yang bisa menjadi penunjang dalam pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, peserta lomba fhising sebanyak 208 tim kemudian dibagi dalam dua kategori yakni 85 tim sebagai peserta lomba mancing tuna dan 123 tim peserta lomba mancing ikan dasar.

Turut hadir dalam acara pembukaan lomba tersebut, Sekda Morotai Muhammad M. Kharie, para Asisten, Danlanud Leo Wattimena Kolonel NAV Arif Budhiyanto, Danlanal Morotai Letkol laut (P) Kariyadi Bangun, KBO Shabhara Polres Pulau Morotai Ipda Alwan serta beberapa pimpinan SKPD. (Fik)

Komentar