oleh

Wakil Bupati Pulau Morotai Buka Acara Panen Perdana Expo Tanaman Holtikultura II

Ketua PKK, PT.Ewindo, Wakapolres, Wakil Bupati dan Petani pada Expo Tamn Hortikultura II di Desa Sangowo Morotai (Foto/Fik/lintasmalut.co.id)

DARUBA – Expo tanaman hortikultura II kembali digelar oleh PT East West Seed Indonesia (Ewindo), produsen benih sayuran tropis hibrida Cap Panah Merah bersama, yang juga merangkul Yayasan Bina Tani Sejahtera. Kegiatan expo digelar di desa Sangowo Induk Kecamatan Morotai Timur Kabupaten Pulau Morotai. Kamis (18/7/2019).

Kegiatan expo tanaman horti II dirangkaikan dengan kegiatan panen perdana tanaman hortikultura oleh kelompok tani desa sangowo induk yang dibuka langsung oleh Waki Bupati Pulau Morotai Hi. Asrun Padoma S.Ag.,M.Si.

Dalam sambutannya Wakil Bupati, berharap bahwa panen perdana tanaman hortikultura bisa membawa berkah bagi petani, selain itu beliau menyampaikan supaya petani tetap semangat dan jangan pantang putus asa.

“Harapan saya, dalam kegiatan panen perdana bisa membawa berkah bagi petani dan agar bisa menjadi pendorong agar petani tetap semangat dan tidak pernah berputus asa,” Harap Asrun.

Panen perdana secara simbolis dilakukan oleh ketua PKK pulau Morotai Ibu Sherly Tjoanda, tak lupa pula beliau mengajak seluruh petani dan masyarakat morotai untuk gemar makan buah dan sayur serta menjaga ketersediaan bahan baku yang berkesinambungan (Memperhatikan aspek kuantitas, kualitas dan kontinyuitas hasil pertanian).

Rasa bahagia terpancar diwajah bapak masrul kurung selaku ketua kelompok tani Desa Sangowo Induk.

“Saya sudah 20 tahun menjadi petani tapi baru kali ini bisa menikmati hasil panen yang berlimpah ruah.” Tuturnya.

Sementara itu salah satu tim ahli dari yayasan bina petani sejahtera, Rike Bhernike, berharap, agar petani dapat bangkit untuk memanfaatkan lahan agar dapat menyokong pendapatan ekonomi keluarga.

“Pesan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah seluruh petani harus bangkit untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur untuk menyokong pendapatan ekonomi keluarga. Selain itu dapat memenuhi kebutuhan pangan kedepan terutama dibidang hortikultura.” Kata Rike.

Hadir dalam kesempatan tersebut manager yayasan bina tani sejahtera bapak Edwin saragih, Wakapolres pulau morotai Kompol Drh. Dedi Wijayanto, SH, Dirut perusda Pulau Morotai Saiful Latara, dan pokja staf khusus bupati Sri Endang Aris. (Fik)

Komentar