oleh

Warga Desak Bupati Hendrata Thes Pecat Kades Capalulu

SANANA – sejumlah Warga Desa Capalulu, Kecamatan Mangoli Tengah, datangi Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes. Kedatangan warga tersebut tak lain adalah mendesak agar Bupati segera pecat Kades Capalulu, M. Ali umasangji dari jabatannya.

Dihadapan Bupati, perwakilan warga Sahrul Ipa menyerahkan sejumlah dokumen diantaranya, dokumen tanda tangan penolakan dari seluruh warga Desa Capalulu, dokumen dari BPD dan dokumen lainnya.

“Saya serahkan dokumen-dokumen sebagai dasar agar Bupati segera pecat atau memberhentikan M. Ali Umasangadji dari jabatan Kades. Masalah yang diduga dilakukan Kades adalah tidak transparansi dalam mengelola anggaran Desa, dan lain sebagainya,” katanya di hadapan Bupati, Sabtu (30/11).

Sahrul juga meminta Bupati segera pecat Kades dari jabatannya, sehingga tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

“Warga sudah menolak Kades dan mereka berharap Bupati segera mengangkat Careteker Kades Capalulu dalam waktu dekat,” tandasnya.

Mastia Umasangaji yang tak lain adalah keluarga dekat Kades juga meminta Bupati segera memberhentikan Kades dan mengangkat Careteker. “Saya minta Pak Bupati segera ganti kades karena kantor Desa saat ini masih palang tidak bisa dibuka kecuali Careteker sudah diangkat baru bisa dibuka,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Hendrata Thes menyampaikan, pihaknya bakal memangil Inspektorat untuk menanyakan hasil audit penggunaan DD 2017-2018 dan juga meminta warga agar proses pemecatan dilakukan sesuai prosedur.

“Harus menyurat ke Camat, Bagian Pemerintahan, Dinas Pemberdayaan Masayarakat Dan Desa (DPMD) dan Inspektorat,” pintanya.

Sebelumnya, warga juga mendatangi ketua DPRD Sinaryo Thes. Diwaktu yang sama, juga melakukan pertemuam dengan Komisi I DPRD Kepsul. Kedatangan masayarat ke wakil rakyat itu meminta DPRD agar keluarkan rekomendasi pemecatan Kades ke Bupati Hendrata Thes. (Raf)

Komentar