oleh

Warga Desak Wali Kota Tikep Copot Kades Tului

TIDORE – Warga Desa Tului, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan mendesak Wali Kota Tikep Capt. Ali Ibrahim agar non-akftifkan Safrudin Safar dari jabatannya sebagai Kades Tului.

Desakan tersebut lewat aksi demonstrasi yang di gelar oleh Aliansi Masyarakat Tului (AMT) di Kantor Desa Tului, Rabu (04/3/2020).

Masa menyuarakan Kades Tului, Safrudin Safar harus menjelaskan di masyarakat terkait beberpa anggaran Dana Desa (DD) yang diduga diselewengkan yakni anggaran BUMdes tahun 2017-2018 kurang lebih Rp 300.000, Temuan inspektorat senilai Rp 787.000.000, Bantuan Kemenpora senilai Rp 100.000.000 untuk pembangunan lapangan bola volly namun pekerjaannya tidak sesuai serta anggaran tim sembilan untuk penyelesaian tapal batas senilai Rp 600.000.000 namun progres tindaklanjut penyelesaian tapal batas Desa sampai sekarang tidak ada kejelasan.

Koordinator Aksi, Safrudin Iskandar dalam orasinya menyampaikan, sesuai dengan UU No. 6 tahun 2014 tentang desa pasal 54 ayat 2 tentang pemberhentikan Kepala Desa, sehingga tidak terlepas dari apa yang dilakukan oleh Kades Tului.

“Safrudin Safar patut diberhentikan karena sudah melanggar ketentuan sesuai UU yang berlaku,” teriaknya.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Safrudin Safar juga bertentangan dengan peraturan perundang undangan tentang desa yaitu UU desa BAB V penyelengaraan pemerintah desa pada pasal 24 tentang pengelolaan keuangan desa secara ketebukaan dan partisipatif.

“Berdasarkan pasal 24 tersebut, maka Safrudin Safar selaku penanggungjawab pengelolaan keuangan desa telah menyalagunakan wewenang dan memanfaatkan jabatannya demi kepentingan pribadi serta mengabaikan tugas dan tanggungjawab sebagi Kades,” pungkasnya.

Selain mendesak Wali Kota. Massa juga menyampaikan beberapa tuntutan. Diantaranya, Mendesak Safrudin Safar agar mengundurkan diri dari jabatan Kades, Safrudin Safar harus bertanggungjawab atas pelanggaran yang dilakukan dan Mendesak pihak kepolisian, Kejaksaan dan Inspektorat untuk memeriksa hasil kekayaan Safrudin Safar. (Alan)

Komentar