oleh

Warga Oba Apresiasi Pemkot Tikep Soal Rute Ferry Bastiong-Gita

TIDORE – upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan (Tikep) lewat Dinas Perhubungan (Dishub) untuk membuka akses transportasi laut melalui Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ternate di apresiasi warga dataran Oba.

Apresiasi ini disampaikan salah satu warga Desa Tului, Kecamatan Oba Isra Latif kepada lintasmalut.co.id, Rabu (08/1/2020).

Dikatakan, pembukaan rute baru kapal Ferry Bastiong-Gita sangat membantu dan mewujudkan harapan masyarakat di Kecamatan Oba dan sekitarnya.

“Kami sangat mengapresiasi langka Pemkot lewat Dishub. Ini sangat membantu masyarakat untuk mempermudah akses transportasi laut karena wilayah Indonesia merupakan negara kepulauan dan khususnya di Malut,” katanya.

Isra menuturkan, pelabuhan Gita merupakan jalur transportasi laut bagi masyarakat Kecamatan Oba, Oba Selatan dan sekitarnya untuk berpergian ke Ternate menggunakan speedboat dan Kapal Motor (KM) Lola Jaya. Namun speedboat dan KM. Lola Jaya sudah tidak lagi melayani penumpang Gita-Ternate. Menurutnya, kehadiran kapal Ferry untuk (rute Bastiong-Gita/red) sangat membantu dan mempermudah akses transportasi laut bagi masyarakat Oba.

“Dulu kalau ke Ternate naik speedboat atau kapal lola jaya, tapi sudah tidak lagi melayani penumpang Gita-Ternate, sekarang dengan hadirnya Ferry rute Bastiong-Gita kami sangat bersyukur dan sangat senang,” ungkapnya.

Sebelumnya, uji coba perdana yang di kawal langsung Manager Usaha ASDP Cabang Ternate. Marsadik bersama salah satu tim dari Balai Pengelola Transportasi Darat. Yanuar dan tiba-sandar di pelabuhan Gita dengan kapal Ferry KMP Kerapu pada Sabtu (04/1/2020) pekan kemarin berjalan lancar.

Warga yang menyambut kedatangan KMP Kerapu untuk uji coba tersebut sangat antusias bahkan mereka juga meminta pihak ASDP agar menambahkan trip, dari 1 trip perminggu menjadi 3 trip untuk Ferry rute Bastiong-Gita.

Sesuai jadwal rute Ferry Bastiong-Gita. Perminggu di setiap hari Sabtu KMP Kerapu berangkat dari Ternate pukul 07.00 WIT dan tiba di Gita pukul 12.00 WIT, selama 4 jam dalam perjalanan. (Alan)

Komentar