oleh

Warga Temukan Bom Jenis Granat di Santiong Ternate

Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Maluku Utara (Malut) saat Menjinakan Bom (Foto Istimewa lintasmalut.co.id)

TERNATE – Warga Ternate, dihebohkan penemuan tiga buah bom jenis Granat nanas di RT 03 RW 04 Kelurahan Santiong, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Trrnate, Maluku Utara (Malut), Rabu (29/5/2019).

Penemuam tiga unit bom tersebut diduga merupakan peninggalan jaman perang dahulu kala yang ditemukan di kawasan kompleks pekuburan Cina, Kelurahan Santiong.

Informasi yang dihimpun lintasmalut.co.id menyebutkan, penemuan barang peledak di lingkungan pekuburan Cina, awalnya ditemukan seorang warga Kelurahan Sango, Kecamatan Ternate Utara, Fauzi Hasibuah.

Kasat Sabhara Polres Ternate AKP Hefrizon saat dikonfirmasi mengatakan, informasi ini berawal sekitar pukul 12.30 WIT, salah sorang warga Sango yang berprofesi sebagai ojek atas nama Fauzi Hasibua duduk beristirahat dikuburan tiba tiba melihat sebuah barang unik, saat didekati ternyata diduga tiga buah bom jenis Granat.

Atas kejadian tersebut pihaknya langsung datang melapor ke piket SKPT Polres Ternate, terkait dengan penemuan bom tersebut.

“Kemudian laporan Fauzi Hasibua langsung di tindaklanjuti personil Satsabhara yang sedang piket untuk menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP),” kata Kasat Sabhara Polres Ternate AKP Hefrizon.

Setelah itu, personil langsung diterjunkan di lapangan dan melihat secara langsung barang tersebut menyerupai Granat berada di tengah tumpukan sampah yang terisi dalam tas kresek warna hitam.

Selanjutnya, Personil langsung melaporkan ke Kasat Sabhara untuk menuju TKP dan melakukan olah TKP dengan memasang Police Line.

Laporan temuan bom langsung dilaporkan ke atasan, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda untuk komonikasi dengan Dansat Brimob Polda Malut Kombes (Pol) Bidi S, agar mendatangkan satu unit Detasmen Gegana untuk melakukan upaya penjinakan barang yang diduga bom.

Tak berselang lama, Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Maluku Utara (Malut) di kerahkan untuk melakukan upaya penjinakan temuan barang diduga bom tersebut.

“Unit tim Gegana Polda Malut langsung melakukan penyisiran guna memastikan barang-barang diduga bom itu sudah benar-benar tidak ada, setelah memastikan tidak ada lagi bom, tim Gegana Polda Malut, berhasil membawa tiga unit barang diduga bom ke dalam mobil EOD8 milik Brimob Polda Malut, untuk diamankan,” Ujar AKP Hefrizon¬†(Alan)

Komentar