oleh

Wisatawan Asal Jakarta Sebut Pulau Mariporoco Mirip Wisata di Thailand

Pulau Mariporoco salah satu tempat wisata di Kec. Loloda Halbar (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Fun trip Mariporoco adalah event Festival Tetuk Jailolo (FTJ) ke XI 2019 yang dilakukan Desa Soasio, Kecematan Loloda Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Para wisatawan yang menggunakan kapal Express Bahari disambut antusias oleh toko masyarakat, toko adat dan tokoh agama, Sabtu (28/06/2019) kemarin.

Sebanyak 368 wisatawan (fun trip mariporoco/red) melakukan perjalanan menyebrang dengan menggunakan bodi fiber 15pk dari Desa Soasio menujuh tempat wisata pulau Mariporoco.

“Fun trip mariporoco luar biasa bagus dan perlu di perkembangkan lagi, pemandangannya mirip tempat wisata di Thailand, kita jauh jauh keluar negeri mendingan ke halbar. Saya berharap adanya festival teluk jailolo banyak wisatawan datang kesini,”kata Tina wisatawan asal jakarta.

Sebelum menuju pulau Mariporoco dilakukan ritual joko kaha oleh salah satu dewan adat selaku Kapita Juangga.

“Joko kaha atau sigofi hohu dipercaya masayarakat untuk mempernalkan bagi pengunjung yang datang memasuki desa soasio agar perjalan sampai ditujuan dengan selamat dan kembalipun dengan selamat,”ujar dewan adat Kapita Juangga.

Ketua panitia Suwandi H Gani menyampaikan, dengan adanya Fun Trip Mariproco mengundang parawawisata sebanyak-banyaknya terutama wisatawan untuk menarik pendapatan daerah dari hasil pariwisatawan dan ini sudah terbukti dari kepimpinan Danny Missy. Bahkan dari tahun pertama 2018 di tahun 2019 ini paling bnyak wisatawan terutama media.

“Ini salah satu bukti bahwa media betul-betul serius promosikan aset parawisata di halbar,”ungkapnya.

Untuk peserta fun trip Mariproco. Kata Suwandi, diperkiran kemarin 300 peserta.“tapi yang mengituti fun trip maripoco ini sebanyak 368 orng dan dari media hampir 100 orang baik dari media lokal maupun media nasional,”katanya. (Jojo)

Komentar