oleh

Zulfahri : 2019 Kurban di Kepsul Berkurang Dari Tahun Sebelumnya

Kordinator ACT Kepsul Zulfahri Abdullah Duwila

SANANA – Sumbangan Hewan Kurban Yang Sudah menjadi agenda wajib bagi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabuapen Kepualuan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut), di Hari Raya Idul Adha Tahun 2019 ini semakin berkurang.

“Untuk sumbangan Hewan Kurban pada hari Raya idul Adha dari tahun-tahun sebelumnya agak meningkat, namun di Idul Adha Tahun ini berkurang, ungkap Kordinator ACT Kepsul Zulfahri Abdullah Duwila, kamis (8/8/2019).

Zulfari menyebutkan hewan kurban dari tahun sebelumnya berkisar 70 sekian ekor sapi namun semntara di tahun ini hanya 50 ekor sapi, diakibatkan oleh sudah mengurangnya Sapi jantan yang masuk kriteria hewan kurban.

Menurut Zulfahri, hewan kurban itu harus minimal diatas 4 tahun, tidak cacat, tidak luka dan tidak terkena penyakit. terhindari hal tersebut sehingga sumbangan Korban dari ACT tahun ini agak mengurang.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut maka kami mengambil langkah dalam pencarian Sapi korban yakni Dapa sapi dimana ya korbankan disitu nanti baru menyebarkan ke Desa-Desa yang lain. Pungkas Koordinator ACT kepsul.

Ia menambahkan daru Hasil kordinasi dengan ACT Pusat. Bantuan hewan korban untuk Kepsul tahun ini paling kurang 100 ekor sapi, namun karena yang didapat oleh tim lapangan hanya 50 makanya itu yang di kurbankan pada Idul Adha nanti.

“Dari 50 ekor sapi tersebut akan diadakan titik pemotong di Kecamatan Mangoli Selatan, Mangoli Tengah, mangoli timur, kecamatan sanana, Kecamatan sula besi timur dan kecamatan sula besi barat, tutup Zulfahri. (Mr.f)

Komentar